fbpx

Pengenalan Andoid Studio Beserta Fitur-fiturnya

Android merupakan sistem operasi untuk perangkat seluler dengan pengguna terbesar di dunia termasuk di Indonesia, dengan market share 90% masyarakat dunia menggunakan teknologi ini. Hal ini terjadi karena kemudahan pada penggunaannya sehingga sistem operasi ini banyak sekali diminati. Tak heran banyak orang – orang maupun perusahaan yang berlomba – lomba untuk membuat aplikasi terbaik dengan menggunakan Android pada sistem operasinya. Dibalik kemudahan sebuah aplikasi Android, ada sebuah ruang kerja yang digunakan oleh para pembuat aplikasi Android itu sendiri yang dinamakan Android studio.

Untuk membuat aplikasi Android dibutuhkan Software Development Kit atau SDK. Salah satu SDK Android yang direkomendasikan Google adalah Android Studio. Android Studio merupakan sebuah ruang kerja yang di dalamnya memiliki peralatan – peralatan dan menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh programmer untuk menyelesaikan sebuah program aplikasi Android. Andoid studio sendiri pertama kali di rilis dalam versi beta di konferensi Google IO pada bulan Mei 2013. Dan telah sampai pada versi terbarunya yaitu versi 4.0 yang dirilis pada Maret 2020.

Andoid studio sendiri memiliki banyak fitur menarik yang memudahkan para pengembang pada proses pembuatan aplikasi Android. Salah satunya adalah Android Studio dapat terintegrasi dengan GitHub. Dimana para developer dapat secara langsung bekerja secara tim dan dapat menjalankan program tanpa harus membuka console Git maupun terminal.     

Selain itu Android Studio juga terdapat ‘Motion Editor’ dan dapat menjalankan langsung program ke perangkat langsung atau real device tanpa harus melalui emulator. Sehingga para developer android studio dapat mengatur dan melihat pergerakan objek atau elemen di dalam aplikasi yang dibuat.

Untuk memudahkan developer dalam menambahkan elemen dan objeknya sendiri, Android Studio sudah dilengkapi dengan vector asset. Dengan fitur ini akan memudahkan developer dalam penggunaan icon serta button yang membutuhkan icon yang  pada aplikasi yang akan dibuat. Sehingga kita tidak perlu mencari atau mengunduh vektor atau icon pack dari pihak ketiga.  

Fitur menarik lainnya dan tidak kalah penting pada Android Studio adalah fitur Translations Editor. Fitur ini dapat memungkinkan penggunanya untuk membuat program dalam multi bahasa. Seperti yang kita ketahui, Android merupakan sistem operasi global yang paling banyak digunakan di Indonesia maupun dunia. Sehingga pengguna aplikasi android dapat menginstal aplikasi walaupun aplikasi tersebut asalnya bukan dari negaranya.

About the Author