fbpx

Mengenal Bahasa Pemrograman Phyton

Phyton merupakan bahasa yang sangat populer saat ini. Bahasa yang dibuat oleh Guido Van Rossum pada tahun 1991 ini menjadi bahasa yang banyak digemari oleh banyak orang. Bagaimana tidak, Python termasuk bahasa yang sangat mudah untuk dipahami, dipelajari dan dipakai di bayak bidang seperti game, basis web, video player dan masih banyak lagi. Selain itu bahasa Python ini pun gratis serta dinamis dapat digunakan untuk web Development, moile apps dan desktop apps. Jadi dapat disimpulkan secara umum, bahasa pemrograman phyton ini dapat dipakai dalam sebuah pengembangan website, pengembangan software, serta pengembangan sebuah aplikasi.

Mengapa Phyton Populer?

Jika dibandingkan dengan bahasa lainnya syntax phyton sangat mudah, berbeda dengan C++ dan Java, untuk memanggil “Hello world” saja, kedua bahasa tersebut kita harus mengetik banyak deklarasi, sangat berbeda dengan Python yang hanya butuh satu deklarasi saja.

Meskipun terdapat banyak sekali bahasa pemrograman di luar sana, Python menjadi salah satu bahasa yang wajib kalian pelajari. Bisa dilihat, selain bahasanya mudah terdapat pula beberapa kelebihan yang perlu kalian ketahui.

  1. Python memiliki sintaks sederhana dan lebih mirip dengan Bahasa Inggris.
  2. Python memiliki sintaks yang memungkinkan kalian untuk menulis program dengan ringkas daripada bahasa pemrograman lain.
  3. Python dapat dijalankan di berbagai macam sistem operasi seperti Android, macOS dan Windows phone
  4. Python merupakan bahasa dengan sistem interpreter, artinya bahasa pemrograman ini akan segera dieksekusi setelah ditulis.
  5. Python sendiri dapat bekerja secara prosedural, orientasi objek atau fungsional.

Hal-hal yang dapat Dilakukan dengan Python

Sebelum kalian mempelajari Phyton lebih jauh, kalian harus mengetahui apa saja yang bisa dilakukan dengan bahasa pemrograman ini. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh Python:

  1. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membangun server ketika kalian membuat website.
  2. Python banyak digunakan dalam project data scientist dan Artificial Intelligence (AI).
  3. Python dapat dimanfaatkan untuk membaca dan memodifikasi sebuah file di dalam sebuah pembangunan sistem database.
  4. Python juga dapat kalian gunakan untuk menangani big data dan menjalankan proses matematika yang rumit

About the Author