fbpx

Fungsi dan Cara Kerja HTML Bagi Programmer Web

Syarat utama jika anda ingin belajar atau ingin menjadi programmer web sebelum belajar Bahasa pemograman alangkah baiknya memahami dulu apa itu HTML? Mengapa wajib belajar HTML? Apa Fungsinya HTML dalam pembuatan website?  Di sini akan di ulas dengan detail mulai dari awal munculnya HTML, peran fungsinya dalam sebuah web dan bagaimana cara menggunakannya?

Mari kita simak pembahasanya berikut ini.

Apa itu HTML?

HTML atau singkatan dari Hypertext Markup Language   atau bisa di sebut Bahasa markup adalah Bahasa standard pemograman yang biasa digunakan untuk membuat halaman sebuah website. HTML terdiri dari kombinasi teks dan simbol yang nantinya akan disimpan dalam sebuah file yang berekstensikan HTML. Dalam penulisan HTML, harus sesuai dengan format standard khusus yang harus diikuti format tersebut sesuai dengan standard kode international ASCII (American Standard Code for Information Interchange).

Setiap informasi yang ditampilkan di web  dibuat dengan menggunakan kode HTML. Oleh karena itu, dokumen HTML sering disebut dengan web page atau halaman web. HTML bukanlah Bahasa pemograman (Programming Language), tetapi Bahasa markup ( Markup Language), di dalam HTML tidak akan ditemukan struktur yang biasa ditemukan yang biasa ditemukan dalam Bahasa pemograman seperti IF, LOOP, maupun variable.

HTML merupakan standard internet yang awasi pengendaliannya oleh World Wide Web Consortium atau yang disebut W3C. Dengan adanya HTML, developer dapat membuat halaman web dan Menyusun heading, pharagraf, link, gambar dan yang lainya dan dapat di sajikan di dalam sebuah halaman website yang dapat dibuka dengan aplikasi browser seperti Microsoft edge, Chrome, atau Mozilla firefox.

Itulah beberapa informasi tentang HTML, selanjutnya kita akan membahas  sejarah bagaimana munculnya HTML, siapakah pendirinya? Dan bagaimana cara menggunakannya? Mari kita simak bagaimana sejarah lahirnya HTML berikut ini :

Mengapa wajib belajar HTML?

Apabila anda ingin menjadi seorang programmer web / developer website Langkah pertama yang harus dipahami ialah HTML, mengapa demikian? Karena HTML inti dari segala halaman website dan mempunyai peran yang sangat penting dalam pembuatan website sebab halaman website yang ditampilkan mengandung HTML.

HTML sangat mudah untuk dipelajari karena Anda tidak perlu mempunyai dasar – dasar algoritma pemograman. Karena, tugas HTML hanya untuk menampilkan isi yang terkandung seperti paragraf, Heading maupun isi data di halaman website. Wajib mahir HTML sebelum lanjut ke CSS dan Bahasa pemograman.

Sejarah HTML

Hypertext Markup Language atau yang disingkat dengan HTML pertama didirikan pada tahun 1991 oleh Tim Berners Lee, ia awalnya menciptakan HTML untuk memudahkan para ilmuan dalam mengakses dokumen selang setahun kemudian html dapat digunakan secara khlayak publik atau secara umum di bawah peran dari WWW atau singkatan dari World Wide Web. Keduanya saling berkesinambungan agar informasi dapat ditampilkan dan bisa diakses oleh umum melalui website.

 Selain menjadi penemu HTML, Tim Berners Lee penemu protocol HTTP, WWW pertama, Web browser pertama, Web Server pertama dan Web page pertama. Sampai saat ini HTML masih berkembang dan berevolusi terbukti dengan adanya HTML5 dengan sistem yang lebih update dan canggih.

Struktur HTML

HTML mempunyai kerangka atau struktur pokok yang berisikan aturan penulisan HTML seperti berikut ini :

Struktur di atas adalah kerangka pokok HTML yang berisikan komponen penyusun HTML

  • <!DOCTYPE html> jenis dokumen yang sedang ditampilkan oleh browser
  • <html> untuk memulai dokumen HTML
  • <head> </head> menampilkan berbagai informasi halaman web.
  • <title> </title> judul dokumen yang terletak di atas browser.
  • <body> </body>semua konten ditulis dan ditampilkan di website.

Mengenal Tag HTML, Atribut dan Elemen

Tag HTML

Tag HTML merupakan sebuah penanda awalan  dan akhiran dari sebuah elemen didalam HTML. Tag ditulis dengan tanda kurung siku <  > kemudian di dalamnya disertai nama tag dan juga atribut.

Contoh : <h1> , <p> , <head> ,<body> dan lain sebagainya.

Setiap tag HTML mempunyai fungsi masing – masing seperti <h1> untuk heading 1, <p> untuk paragraf dan sebagainya.

Atribut HTML

Atribut adalah kata khusus yang berada dalam  tag. Disebut juga modifier yang akan menentukan perilaku elemen. Atribut dapat ditambahkan pada elemen mana pun seperti menyisipkan link, gambar, video dan lain sebagainya. Contoh:

Tag <a> berfungsi untuk membuat link

Atribut huruf untuk menyatakan halaman dari link

Contoh atribut khusus

Elemen

Elemen dalam HTML merupakan  keseluruhan kode dari tag pembuka dan tag penutup. Alur penulisan elemen tag pembuka, isi tag atau konten, dan tag penutup yang terdiri dari teks dan simbol.

Contoh : <p> Belajar HTML </p>

Fungsi HTML

Fungsi HTML antara lain :

  • Membuat halaman di sebuah website
  • Menjadi pondasi utama di sebuah website
  • Menampilkan informasi di sebuah website
  • Menampilkan multimedia

Dan lain sebagainya

Cara kerja HTML

File HTML yang dibuat dengan teks editor yang berisikan tag, konten, elemen, atribut paragraf dan lainnya dapat ditampilkan dengan web browser seperti microsoft edge , mozilla firefox , chrome dengan cara file ekstensi .html di buka dengan web browser dan agar dapat diakses oleh publik khalayak umum maka harus dengan koneksi internet dan menyewa layanan web hosting dan upload website disana. Maka selanjutnya browser akan membaca dan merender file HTML menjadi tampilan halaman website dan apabila masyarakat umum  mengakses web kita maka dapat melihat informasi yang ditampilkan di dalam website tersebut.

Penutup

HTML sangat wajib dan penting untuk dikuasai oleh seorang yang ingin menjadi web developer, karena menjadi pondasi awal sebuah website, maka kuasailah HTML sebelum masuk ke CSS dan Bahasa pemograman.