fbpx

Pengertian dan fungsi jQuery

Bagi Sebagian developer website atau yang sedang belajar javaScript, pasti familiar dengan istilah jQuery. Sebenarnya apa itu jQuery? Dan Apa Fungsi dari jQuery mari kita mengenal lebih dekat apa yang dimaksud dengan jQuery dan fungsinya serta perannya dalam membuat website.

Apa itu jQuery

jQuery adalah library javaScript yang membantu mempercepat dan memenuhi kebutuhan developer dalam membangun sebuah website, pada 26 januari 2006 yang bertempat diBarcamp NYC oleh John Resig dan berlisensi dibawah MIT dan GPL. jQuery adalah library javaScript yang dibuat untuk memudahkan dalam membangun website dengan HTML yang berjalan disisi Client, dibuat dengan lebih praktis dari library Prototype secara pemograman, jQuery memiliki kemiripan seperti Prototype.

Pada beberapa tahun kemudian jQuery telah berkembang dan diminati oleh beberapa perushaan terbukti dengan banyaknya website – website terkemuka sebut saja seperti intel, Nokia, Google, Microsoft, Nokia, Oracle , IBM, EAPN, EA SPORT, FACEBOOK, TWITTER, AMAZON, dan masih banyak lagi.

jQuery memiliki motto yakni Write Less, Do More yang artinya kesederhanaan dalam penulisan code, tentunya dengan hasil yang lebih banyak dan baik.

Fungsi jQuery

Fungsi dari jQuery sebagai library javaScript yang dapat membantu mempermudah developer website mengatur interaksi antara javaScript dengan HTML yang berjalan disisi client.

Beberapa kemampuan JQuery sebagai berikut :

1. Kemudahan mengakses elemen-elemen HTML            

2. Memanipulasi elemen HTML            

3. Memanipulasi CSS            

4. Penanganan event HTML            

5. Efek-efek javascript dan animasi            

6. Modifikasi HTML DOM AJAX            

7. Menyederhanakan kode javascript lainnya

jQuery sangat fleksibel karena developer dapat menambahkan plugin untuk mengatur baris kode. jQuery dapat menjadi solusi cepat untuk mengatasi permasalahan saat membangun aplikasi website karena kemudahan dan ringan serta sederhana.

Kelebihan jQuery

Alasan jQuery sangat populer dan banyak digunakan adalah kemampuan lintas platformnya, karena secara otomatis jQuery akan memperbaiki error serta mempunyai fitur yang sama saat dijalankan di browser seperti Chrome, Firefox, Safari, MS-Edge, IE, Anroid, dan iOS.

Kelebihan lainya yakni;

  • Mendukung berbagai macam plugin
  • Membuat animasi dasar dengan mudah
  • Dapat berinteraksi dengan Bahasa pemograman lain

Kekurangan jQuery

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, namun jQuery mempunyai kekurangan yakni

  • Banyaknya versi jQuery yang tersedia membuat versi yang terdahulu tidak kompatibel;
  • Meskipun memiliki beban kerja ringan namun lebih ringan tidak menggunakan jQuery (HTML dan CSS);
  • Di server hosting, CPU dan RAM harus mengalokasikan resource untuk menangani request terhadap jquery. di suatu waktu request yang sangat banyak akan membebani server.

Cara menggunakan jQuery

Contoh jQuery untuk Membuat Efek Animasi

Contoh jQuery membuat Efek Sliding

Contoh jQuery untuk Membuat Efek show and hide

Penutup

jQuery adalah library yang mudah digunakan dan cukup populer dikalangan developer karena dapat mempermudah dalam membangun website. Dan sintak yang digunakan lebih sederhana dari pada javaScript yang cenderung lebih rumit.

About the Author