fbpx

Cara Membuat Efek Refleksi / Pantulan Air di Photoshop

Pernahkah Anda melihat suatu objek foto diatas air, lalu di atas air ada pantulan dari objek foto tersebut, nah itu yang dinamakan refleksi atau pantulan air. Untuk bisa mendapatkan efek seperti ini, ada beberapa cara, yaitu mendapatkannya langsung ketika kita memotret objek di atas permukaan air, dan cara lain yaitu dengan mengeditnya di Photoshop.

Walaupun terkadang refleksi air tidak begitu jelas karena arus air yang bergelombang, sering kali menimbulkan keindahan tersendiri pada gambar.

Oke langsung saja kita ke langkah-langkahnya, sebelumnya siapkan gambar yang akan diedit.

  1. Pilih dan masukkan foto yang akan diedit ke dalam kanvas gambar Photoshop. Pastikan Anda memilih gambar objek yang berada di atas air sehingga membuat gambar refleksi di bawahnya.

2. Masukkan gambar ke dalam kanvas baru di Photoshop.

3. Setelah itu, klik-gand layer background, nanti akan muncul kotak dialog New Layer, berikan nama layer (contoh: layer gambar) pada kotak teks Name, lalu tekan ok.

4. Rubahlah panjang kanvas gambar, pilih menu Image > Canvas Size.

5. Lalu muncul kotak dialog Canvas Size, ubahlah satuan ukuran pda kotak teks Height dari Inches menjadi Centimeter. Kemudian ubahlah ukuran Height asli menjadi dua kali lipat. Arahkan mouse pada bagian Anchor, klik pada ikon anak panah tengah atas yang menghadap ke atas, lalu terapkan dengan menekan tombol ok.

6. Pilih layer gambar, buat duplikat gambar dengan klik tombol Ctrl + J.

7. Rotasikan posisi gambar secara vertikal dengan klik menu Edit > Transform > Flip Vertical. Setelah gambar terbalik, tarik ke bawah hingga memenuhi kanvas gambar yang masih kosong.

8. Potong bagian yang bawah sesudah di balik posisi menjadi vertikal, nanti hasilnya akan seperti gambar di atas.

9. Buatlah layer baru dengan klik ikon Create New layer.

10. Warnai layer 1 dengan warna putih, dengan cara klik tombol Ctrl + Backspace (Fill layer).

11. Lalu pilih menu Filter > Sketch >Halftone Pattern, klik kotak drop-down Pattern Type, pilih opsi Line, pastikan nilai Size 7, Contrast 50 lalu klik ok.

12. Pilih menu filter > Blur > Gaussian Blur. Muncul kotak dialog Gaussion Blur, tetapkan nilai Radius 4.0 pixwls, lalu klik ok.

13. Buat duplikat layer 1, pilih menu Layer > Duplicate Layer.

14. Muncul kotk dialog, klik kotak drop-down Document, pilih opsi New. Lalu klik ok.

15. Simpan kanvas gambar baru tersebut dengan memilih menu file > Save. Muncul dialog Save As, ketikan nama file pada kotak teks File Name, lalu klik Save. Jika sudah tutuplah kanvas gambar tersebut, dengan meng-close.

16. Kembali ke kanvas refleksi yang tadi diedit.

17. Hapus layer 1 dengan menekan tombol Delete Layer.

18. Kemudian satukan layer gambar dengan layer gambar copy, menjadi layer baru, dengan cara Ctrl +Shift+Alt+E.

19. Pilih menu Filter > Distort >Displace.

20. Muncul kotak dialog Displace. Tetapkan nilai Horizontal Scale: 10, Vertical Scale:0, Displacement Map, pilih opsi Stretch To Fit, Undefined Areas, pilih opsiĀ  Repeat Edge Pixels, lalu klik ok.

21. Muncul kotak dialog Choose a Displacement map, pilih file baru yang tadi di simpan lalu klik ok.

Dengan demikian anda sudah berhasil membuat refleksi pada objek gambar rumah

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.