Blynk merupakan sebuah platform aplikasi android yang diperuntukan untuk berbagai kontroler hardware seperti arduino, esp8266, raspberry dsb untuk mengendalikan, memonitoring perangkat lainnya. Untuk aplikasinya sudah terdapat pada google playstore smartphone anda dengan ukuran sekitar 34Mb. Dengan blynk ini kita dapat dengan mudah mengontrol perangkat lain tanpa harus membuat aplikasi android terlebih dahulu.

Pada artikel kali ini akan membahas memulai menggunakan Blynk pada NodeMCU. Seperti diketahui NodeMCU adalah board dengan kemampuan koneksi wifi/internet. Jadi nanti kedepannya kita akan belajar mengendalikan dan memonitoring perangkat lainnya menggunakan WIFI.

Yang dibutuhkan :

  1. Arduino IDE
  2. Aplikasi Blynk
  3. Library Blynk, download

Langkah-langkah :

  1. Instal board NodeMCU, caranya di sini.
  2. Masukkan library Blynk yang sudah didownload, cara memasukkan library di sini.
  3. Download dan instal aplikasi Blynk pada google playstore smartphone anda atau di sini.
  4. Setelah terinstal silahkan buka aplikasi BLYNK.
  5. Selanjutnya Login dengan membuat akun baru (Create New Account) atau bisa juga Login menggunakan akun facebook anda. Seperti biasa dibutuhkan satu email dan password. Email ini berfungsi untuk mendapatkan token/kode unik yang nantinya diperlukan pada program Arduino.

Jika sudah sampai tahap ini, anda sudah siap menggunakan aplikasi BLYNK. Silahkan lanjut dengan melihat-lihat aplikasi BLYNK maupun contoh program pada Arduino IDE pada File > Examples > Blynk. Disitu banyak contoh-contoh programnya.

Nantikan update pembahasan tentang BLYNK dengan kontrol perangkat menggunakan NodeMCU. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Kategori: NodeMCU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up
id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian