Oke kali ini saatnya kita mulai running ke mesin CNC router engaraving langsung. Sebelumnya apakah anda sudah mempersiapkan bahan-bahanya? Jika belum silahkan baca dulu di bawah ini :

  1. Getting Started Mini CNC Router Engraving 1610 2418 3018
  2. Cara Mendapatkan File Gerber / Eagle to G-Code

Persiapan CNC Lanjutan

Lanjut ke persiapan CNC router yaitu mengenai penggunaan toolnya. Tools pada yang ada pada saat pembelian cnc router ini terdapat 2 jenis yaitu Carbide Engraving Bits (cutting) dan Drill Bits (hole) penampilanya bisa dilihat seperti gambar berikut.
Untuk pembuatan layout pcb kita menggunakan yang jenis carbide sedangkan untuk lubang kita menggunakan drill bit. Mari ikuti persiapan lanjutannya berikut ini :

  • Selanjutnya silahkan pasang PCB polos yang akan kita buat layout dan disarankan untuk menambahkan alas di bawahnya misalnya stereofoam atau dus yang rata.
  • Setting posisi awal spindle terhadap objek PCB

Setelah semua persiapan di atas sudah semua, lanjut kita memasukan file g-code yang sudah didapat ke gbrlControl. Langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Buka gbrlControl
  2. Masuk menu file open, cari file g-code yang sudah didapat sebelumnya. Hasilnya seperti berikut :

  3. Jika sudah klik Send dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Tips :

  • Kita juga bisa memproses layout dan drill satu persatu, caranya adalah kita buka file g-code nya pada notepad++ atau yang lainnya > kemudian kita hapus bagian yang akan kita hilangkan.
  • Pada file g-code pcb ini terdapat beberapa bagian yang yaitu Contour/layout, Drilling dan Routing. Dan ketiganya ini memiliki header masing-masing sesuai namanya.
  • Jika kita hanya ingin memproses countour/layout saja, berarti kita hapus bagian drilling dan routingya dst.

Demikian pembahasan kali ini, semoga berhasil.

Kategori: 3D CNC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up
id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian