Sedikit kembali ke awal pembelajaran, pembahasan kali ini diperuntukan untuk anda yang masih bingung untuk belajar Arduino dari mana. Tahap paling awal banget anda harus menginstal software Arduino IDE yang merupakan software yang digunakan untuk menggunakan board Arduino secara umum. Di dalam Arduino IDE kita dapat menulis, edit, hapus dan mengupload program yang akan dimasukkan ke board Arduinonya.

Sesuai judul kita akan belajar cara instal Arduino IDE dan driver pendukung yang umum digunakan yaitu driver CH340. Jika anda belum mempunyai softwarenya silahkan download terlebih dahulu di alamat resmi Arduino  https://www.arduino.cc/en/Main/Software. Atau bisa juga didapatkan di paket Starter Kit Basic Arduino V1 yang di dalamnya sudah lengkap terdapat software, driver ch340, komponen dan tutorialnya.

Instal Arduino IDE

Mari kita mulai cara instal Arduino IDE :

  1. Double klik pada file software Arduino IDE, secara otomatis akan muncul seperti ini. klik Next
  2. Selanjutnya silahkan pilih folder penginstalan, secara default pada folder C:\Program Files dan biarkan saja atau diganti ke folder lain juga bisa. klik Install
  3. Sekarang kita tunggu proses penginstalan sampai selesai.
    Jika sudah Close dan buka icon Arduino IDE di desktop komputer anda, silahkan di coba dulu untuk membuka menu-menu yang ada di Arduino IDE.

Instal Driver CH340

Driver ini digunakan sebagai komunikasi USB dengan komputer kita, nah untuk jenis Arduino ada beberapa yang menggunakan driver ini seperti Arduino tipe SMD, Arduino Mega Ch340 selain itu ada juga module WiFi seperti NodeMCU.

Langkah-langkah :

  1. Buka folder driver Ch340, nanti anda akan menemukan file SETUP. silahkan double klik.
  2. Lalu muncul seperti ini, dan langsung klik saja INSTAL
    maka akan muncul penginstalan sukses.

Untuk tahap selanjutnya silahkan hubungkan Arduino ke laptop menggunakan kabel USB. Cek Port yang terdeteksi bisa melalui Device Manager, bisa juga pada Arduino IDE pada menu Tools > Port. Jika ada akan muncul COM misalnya COM7, COM2 dan seterusnya.

Cukup sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.

Kategori: Arduino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up
id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian