Telegram adalah sebuah aplikasi chating yang cukup banyak penggunanya dan telegram ini dapat menjawab sendiri sesuai dengan perintah yang sebelumnya di setting. Yap telegram Bot biasa kita menyebutnya, yang merupakan fitur robot chat dari telegram.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai penggunaan telegram yang kita hubungkan dengan NodeMCU untuk monitoring ataupun mengontrol sebuah perangkat. Agar kita dapat mengakses telegram dibutuhkan token yang nantinya kita masukkan ke program Arduino.

Langkah-langkah untuk mendapatkan token berikut ini :

  1. Instal telegram di google play smartphone anda, dan daftar menggunakan no. telepon. Selanjutnya bisa login juga menggunakan telegram via web. Linknya DISINI.
  2. Jika sudah, buka telegram dan ketik pada pencarian “bot” pilih botFather, klik Start/mulai.
       
  3. Ketik /newbot > kirim > akan ada balasan untuk membuat nama bot nya, nama bebas namun di sini dicontohkan Suhu dan Kelembaban. Selanjutnya akan diminta untuk membuat username, jika nama usernamenya sudah ada silahkan cari dengan nama lain sampai berhasil, contohnya di bawah ini.


    Jika berhasil anda akan mendapatkan token, catat dan simpan yang nantinya akan dimasukkan ke program Arduino.

  4. Ketik di pencarian “idbot” untuk mendapatkan idchat dan biasanya akan dimasukkan ke program arduino juga > Klik Start.
  5. Ketikan /getid > akan balasan berupa idchat > catat juga idchatnya.

Sampai tahap ini anda sudah bisa siap menggunakan telegram. Pada postingan selanjutnya akan dibahas Monitoring suhu dan kelembaban DHT11 sebagai lanjutan dari artikel ini. So nantikan terus di indomaker. Semoga bermanfaat.

Kategori: NodeMCU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll Up
id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian